Laporan
HCI
Trofí
Anggota Kelompok :
- Charleen - 2301863811
- Cheryl Angelica - 2301855854
- Hendrik Purnama - 2301855816
- Philips – 2301877344
I.
Strategic
Objective
Kelompok kami
mengangkat tema Empowering the Society dari 4 tema yang telah disediakan.
Empowering the Society atau pemberdayaan masyarakat merupakan sebuah
upaya yang dilakukan dalam rangka mengembangkan potensi masyarakat dan
mengatasi berbagai permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Kami mengangkat
tema ini karena kami ingin membantu meringankan permasalahan yang ada di
masyarakat khususnya Indonesia walaupun permasalahan tersebut sederhana. Kami
berharap solusi yang kami tawarkan dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat
banyak.
II.
Problem
Banyak orang yang
mengalami kesulitan dalam menemukan tempat makan atau restoran yang benar-benar
menyajikan makanan yang lezat. Belum lagi jika orang tersebut berada di tempat
yang asing atau sedang bepergian ke luar kota (travelling) sehingga
mereka tidak tahu makanan apa saja yang tersedia di lokasi tersebut. Jika masuk
ke tempat makan secara acak, belum tentu tempat makan tersebut menyediakan
makanan yang diinginkan, rasa yang lezat, dan menyediakan pelayanan yang baik.
III.
Solution
Solusi yang telah
kami sediakan untuk mengatasi permasalahan yang dijabarkan diatas adalah
menyediakan layanan pencarian makanan secara online. Zaman sekarang,
teknologi sudah sangat berkembang dan maju. Hampir setiap orang di dunia,
termasuk Indonesia sudah menggunakan internet. Menurut laporan yang dirilis
oleh layanan manajemen konten HootSuite, pengguna internet di Indonesia
pada awal 2021 ini mencapai 202.6 juta jiwa. Ini artinya penggunaan internet di
Indonesia pada awal 2021 mencapai 73.7%. Kami memanfaatkan perkembangan ini
untuk membantu mengatasi permasalahan yang kami angkat. Oleh karena itu, kami
menyediakan layanan pencarian tempat makanan dalam satu website yang
bernama trofí.
IV.
Establishing
Requirements
Trofi
berasal dari bahasa Yunani yang berarti
makanan. Website ini berisi informasi tentang tempat makan di seluruh
Indonesia. Baik tempat makan ternama maupun tidak ternama. Informasi yang
dimaksud seperti letak tempat makan, jam operasi, nomor telepon, menu, rentang
harga, dan website yang dimiliki oleh tempat makan tersebut (jika ada).
Tidak hanya menyediakan informasi mengenai tempat makan, di dalam website ini
pengguna dapat berinteraksi dengan memberikan rating dan review kepada
tempat makan yang telah mereka kunjungi. Pengguna juga dapat memasukkan gambar
makanan ataupun tempat makan tersebut untuk dilihat oleh pengguna lain yang
sedang mencari tempat makan yang pas. Target pengguna kami dalam pembuatan website
trofí ini adalah orang yang sedang kesulitan dalam mencari tempat makan. Website
ini dapat digunakan oleh semua rentang umur yang telah dapat menggunakan
internet, baik muda maupun tua.
V. Designing
Alternatives
A. Conceptual
Design
Pengguna dapat berinteraksi langsung
dengan website trofí ini. Contohnya adalah seperti pengguna dapat
menekan tombol-tombol yang ada pada website dan mengetik tempat makan
ataupun makanan yang ingin dicari oleh pengguna. Website trofí terdiri dari beberapa halaman dan di halaman
tersebut terdapat tombol yang dapat ditekan oleh pengguna. Ketika pengguna
menekan tombol yang ada pada website trofí maka pengguna akan dibawa ke
halaman lain dari website trofi tersebut.
B. Physical
Design
Warna utama yang kita pakai untuk membuat user interface dari trofí ini adalah merah seperti pada header dan tombol-tombol pada website.
Berikut merupakan beberapa tombol dan icon yang digunakan pada website trofí.
Berikut merupakan header yang dipakai untuk website trofí.
Gambar-gambar yang dipakai merupakan
gambar makanan dan tempat yang berasal dari pengguna ataupun website trofí sendiri.
II.
Prototyping
Kami membuat prototype design dengan
menggunakan tools Figma. Berikut merupakan User Interface yang
telah kami buat untuk trofí:
- Homepage :
Ini adalah tampilan homepage trofí disaat pengguna membuka website ini. Pada halaman ini terdapat pencarian nama makanan ataupun tempat makan yang ingin pengguna cari dan juga ada daerah dimana mereka berada. Ada juga tombol ‘Write a review’ yang nanti jika kita tekan, website akan memandu pengguna ke halaman log in dan pengguna harus mendaftar jika tidak mempunyai akun. Lalu konten pada homepage trofí menampilkan makanan yang dekat dengan pengguna. Selain itu, terdapat juga pencarian berdasarkan kategori makanan yang diinginkan oleh pengguna. Jika pengguna sudah masuk ke dalam akun yang telah dibuat, maka di sebelah kanan atas homepage trofí berubah menjadi profile / akun pengguna.
- Sign Up Page: Halaman sign up akan muncul ketika pengguna ingin mendaftarkan akun dengan menekan tombol sign up yang terdapat di kanan atas homepage. Pengguna juga dapat mendaftarkan diri melalui facebook ataupun google.- Log in Page:
Halaman log in akan terbuka ketika pengguna mengklik tombol ‘log in’ yang ada pada home page di sebelah kanan atas atau mengklik tombol ‘Write a review’ ketika pengguna belum masuk ke dalam akun yang telah dibuat. Pengguna juga dapat masuk ke akun trofí melalui facebook dan google jika mereka mendaftarkan diri melalui kedua platform tersebut. Jika terjadi kesalahan pada email dan password maka terdapat error message yaitu ‘invalid email or password’.
- Search
Page:
Pengguna dapat melakukan pencarian tempat makan ataupun makanan melalui homepage. Ketika mengklik tombol search maka akan terbuka tampilan search page.
Pada halaman search trofí, pengguna bisa melakukan pencarian dan menemukan tempat makan yang dicari. Agar dapat melihat informasi dari tempat makan yang ada, pengguna harus memilih salah satu dari tempat makan yang disediakan oleh website trofí.
Pengguna dapat melihat rating yang diberikan pengguna lain (yang ditampilkan merupakan rata-rata dari rating tersebut). Lalu ada opsi untuk Add Review dan juga Get direction untuk tahu dimana restaurant yang menyediakan makanan yang kita cari. Disini juga terdapat informasi lengkap tentang tempat makan tersebut seperti alamat, jam operasi, nomor kontak, dan website yang dimiliki oleh tempat makan tersebut (jika ada). Pengguna dapat menggunakan fitur bookmark untuk menyimpan data tempat makan yang dipilih oleh mereka dan share untuk membagikan kepada pengguna lain agar dapat melihat tempat makan tersebut melalui website trofí.
Jika website tidak dapat menyediakan makanan atau tempat makan yang dicari oleh pengguna, maka tampilan halaman search akan terdapat tulisan ‘Result Not Found’.
Jika pengguna membuka See More maka pengguna dapat akan diarahkan ke halaman Restaurant Info.
- Restaurant info page:
Halaman restaurant info akan terbuka jika pengguna mengklik see more pada search page. Informasi tentang tempat makan yang ada diperjelas dan ditambah dengan average price. Pengguna juga dapat melihat reviews dari pengguna lain dan menu dengan harga yang terdapat pada tempat makan tersebut.
- Add Review:
Modal add review akan muncul ketika pengguna mengklik tombol add review pada halaman restaurant info ataupun pada detail search page. Modal add review disajikan kepada pengguna untuk berbagi informasi. Disini pengguna tentunya bisa memberikan rating terhadap makanan yang pengguna coba ataupun secara keseluruhan tempat makannya. Pengguna dapat membuat review dengan memberikan gambar makanan ataupun tempat makan yang ada.
Jika pengguna tidak mengisi rating maka akan muncul error message
‘This must not be empty’
‘Your review has been added successfully’.
- History
Page:
Halaman saved place akan muncul ketika pengguna mengklik tombol akun pada kanan atas yang ada pada setiap halaman. Halaman saved place ini merupakan halaman yang menyimpan semua bookmark yang dipilih di halaman search dan halaman restaurant info. Kegunaan utama fungsi ini tentunya untuk mengecek ulang atau mengecek kembali tempat yang pernah pengguna simpan untuk dilihat kembali.
III.
Evaluating
Evaluasi dari website trofí dilakukan
dengan menggunakan evaluasi heuristic dimana heuristic evaluation itu
sendiri merupakan proses dimana kami akan menilai usability dari UI. Terdapat 3
tahap yang kami lakukan yaitu briefing session, evaluation period, dan debriefing
session.
1. Briefing
Session
Disini kami membagi tugas kepada
masing-masing anggota untuk mengevaluasi system, kami berbagi tugas mengenai
apa saja yang harus dilakukan dan juga apa saja poin yang harus diperhatikan.
2. Evaluation
Period
Disini kami menggunakan poin-poin
yang heuristic evaluation seperti clarity, minimize unnecessary
complexity and cognitive load, provide user with context, dan promote a
pleasurable and positive user experience untuk panduan bagaimana cara
mengevaluasi sistem kami dan mencatat apa saja masalah yang ada.
3. Debriefing
Session
Disini kami kembali diskusi bersama untuk menampilkan masalah yang ditemukan dan juga mencari solusi yang bisa kami pakai untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
No comments:
Post a Comment